Sabtu, 08 November 2014

Bergerak Lebih Cepat

Dalam olah raga, bergerak lebih cepat selalu saja menguntungkan. Mungkin demikian juga dalam mengambil keputusan, semakin cepat berfikir akan semakin baik. Cepat kumpulkan data, lebih banyak siapkan alternatif, buat lebih banyak pilihan, pastilah keputusan yang diambil akan lebih berkualitas.

Teringat dulu, saat di sekolah ada teman yang terlihat malas belajar, namun selalu hebat dalam nilai akademis. Setelah mengenal lebih dekat, ternyata dia seorang yang rajin berfikir. Walau sambil nongkrong, ngopi, bahkan terkadang merokok, dia selalu sibuk menganalisa banyak hal. Bahkan gaya guru mengajar pun dia sudah terekam dalam ingatan secara gamblang. Pernah saat duduk di sebelahnya, di kelas, saat guru sampaikan materi, dia mencoret-coret di bukunya, aku lirik... ternyata dia sudah membuat soal latihan. Saat itu aku ambil kesimpulan, cerdas itu pasti tekun dan giat belajar. Walau belajarnya hanya dalam pikiran, dan secara fisik dia terlihat santai.

Dalam catur pun begitu, pecatur yg hebat, telah menyiapkan semua kemungkinan dari langkah sang lawan. Juga para petarung, setiap jurus selalu bersiap sambut jurus yang lain. Dan demikianlah idealnya saat mengambil keputusan, banyaknya data akan sangat mendukung. Dan tentu daya khayal kita yang mendukung untuk mengembangkan analisa atas data yang kita punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar