Jumat, 27 Juni 2014

Tarhib Ramadhan 1435 H di Masjid Al-Hikmah KPP Pratama Jakarta Mampang Prapatan.

“Kita sedang berada dalam antrian menuju loket kematian…” Kalimat ini dipilih sebagai kalimat pembuka oleh Ust. Hidayatur Rahman, saat memberikan taujih dalam acara Tarhib Ramadhan 1435 H di Masjid Al-Hikmah KPP Pratama Jakarta Mampang Prapatan, Kamis tanggal 26 Juni 2014.
Lalu dilanjutkan dengan penjelasan tentang 3 (tiga) hal yang kita butuhkan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, yaitu: N-P-P.

N adalah Niat. Niat itu visi sekaligus motivasi. Untuk menjadi pribadi yang berkarakter. Dan karakter memiliki 8 tangga,  dengan 3 tangga pertama di pikiran yaitu: (1) Lintasan pikiran, (2) Memori, dan (3) Gagasan. Sedangkan 2 tangga berikutnya ada di hati, (4) Kemauan, (5) Tekad. Selanjutnya ada di prilaku, (6) Tindakan, (7) Kebiasaan, (8) Karakter.
Puasa adalah sarana membangun karakter yang kuat. Puasa dapat menjadikan kita memiliki “kecerdasan kemalangmelintangan”, adalah kecerdasan untuk selalu dapat menghadapi kesulitan dalam kondisi apapun.

P (yang pertama) adalah Persiapan. Ada empat persiapan:  (1) persiapan akal dengan ilmu, (2) persiapan hati dengan dzikrulloh, (3) persiapan harta dengan rencana keuangan, (4) persiapan fisik dengan olah raga yang cukup.

P (yang kedua) adalah Perencanaan. Qur’an surat Al-Hasyr ayat (18) “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Ayat tentang perlunya membuat rencana untuk "hari esok" berdasar analisa data yang telah terjadi.
Sesuai survey 97% orang sukses itu karena memiliki personal goal. Hanya 3% orang sukses yang merasa sekedar kebetulan saja.

Mari bersama rencanakan aktivitas Ramadhan kita, semoga Alloh selalu memberkati, sehingga kita bisa sukses menjalani "Institut Ramadhan" di Masjid Al-Hikmah KPP Pratama Jakarta Mampang Prapatan.

Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar